Head To Head Borussia Dortmund vs Bayern Munchen, Final Liga Champions 2013

UCL FinalHead To Head Borussia Dortmund vs Bayern Munchen, Final Liga Champions 2013. Tinggal beberapa hari lagi tepatnya Minggu 26 Mei 2013, final liga champions akan digelar mempertemukan dua tim asal Jerman, Borussia Dortmund dan Bayern Munchen. Di musim ini kedua tim sudah bertemu sebanyak empat kali, 2 diantaranya laga di kompetisi Bundesliga, satu di Piala Jerman dan satu lagi di Piala Super Jerman.

Hasil dari pertemuan ini, Bayern mendominasi dengan dua kemenangan dan sisanya berakhir imbang. Empat pertemuan tersebut hanya sebagian kecil dari 26 kali bersua dalam dekade terakhir. Meski Bayern lebih unggul dalam kemenangan namun hanya berbanding tipis dengan kemenangan yang diraih oleh Dortmund.

Seperti pada 3 Oktober 2010 sampai 12 Mei 2012, dalam lima pertandingan Dortmund vs Bayern Munich, tandang atau kandang, Dortmund selalu meraih kemenangan.

Namun Head to Head sejarah pertemuan dari 26 kali bertandingan Bayern mengoleksi 11 kemenangan, dan sembilan lagi milik Dortmund, Enam laga lain berakhir dengan imbang. Bayern juga memiliki rata-rata gol yang lebih daripada Dortmund, yaitu 1,8 gol per laga banding 1,3 gol milik Dortmund. Pertemuan kedua tim tersebut juga menyajikan fakta menarik. Saat kedua tim bertemu, rata-rata tercipta 3,2 gol.

Statistik 26 pertemuan Terakhir

Dortmund Bayern
Menang 9 11
Kalah 11 9
Imbang 6 6
Rata2 gol per laga 1.3 1.8

Head to head diatas hanya untuk di kompetisi lokal Jerman, sementara di kompetisi antarklub Eropa, Dortmund lebih unggul daripada Bayern Munich.

Pertemuan terakhir kedua tim di kompetisi liga champions adalah pada musim 1998 lalu, dimana dalam leg pertama Dortmund berhasil menahan imbang Munchen di kadang mereka, dan raih kemenangan 1-0 di leg kedua di Westfallen. Kemenangan ini terbilang dramatis karena gol semata wayang yang memenangkan Dortmund dicetak pada masa injury time

Semenara rekor Dortmund dalam menghadapi tim asal negara sendiri di ajang Eropa juga lebih baik. Mereka raih tiga kemenangan dalam empat kali bertemu dengan tim asal Jerman, sementara Bayern dari 14 kali pertemuan tim satu negara berakhir dengan tujuh kemenangan, dua imbang dan lima kali kalah.

Rabu, 22 Mei 2013