Hasil Final Liga Champions 2013, Dortmund vs Bayern Munchen

Hasil Final Liga Champions 2013Hasil Pertandingan Final Liga Champions 2013, Dortmund vs Bayern Munchen. Bayern Munich sukses keluar sebagai juara Liga Champions musim 2013 setelah mengalahkan tim satu negaranya Borussia Dortmund dengan skor akhir 2-1. Arjen Robben tampil sebagai pahlawan bagi Munchen lewat gol yang dicetaknya di menit-menit akhir pertandingan ini.

Kemenangan di partai final ini merupakan gelar liga Champions yang ke-5 untuk Bayern.

Pertandingan ini digelar di New Wembley, London Minggu dinihari tadi, kedua tim sempat bermainnimbang tanpa gol hingga akhir babak pertama, dalam babak ini Dortmund terlihat lebih banyak menguasai jalannya pertandingan dengan lebih banyak membuat lebih banyak peluang. Namun tidak ada yang mampu dimatangkan jadi gol.

Di babak kedua Bayern akhirnya lebih dulu unggul lewat gol yang dicetak oleh Mario Mandzukic. Gol ini tercipta lewat umpan Robben dari sayap kiri yang kemudian mengumpan bola ke depan gawang. Marcel Schmelzer coba menghalau bola namun gagal dan Mandzukic dengan mudah menceploskan bola ke gawang. Bayern 1-0 memimpin di laga final ini.

Dortmund kemudian menyamakan kedudukan skor lewat penalti Ilkay Guendogan. Hadiah ini diberikan wasit setelah Dante melakukan pelanggaran kepada Reus di kotak terlarang. Geundogan yang maju sebagai eksekutor berhasil menjebol gawang Neuer dan skor kini jadi 1-1.

Pertandingan sepertinya akan dilanjutkan ke extra time , namun Robben tampil sebegai pahlawan Munchen setelah mencetak gol di menit 89. Gol ini berawal dari bola dari daerah pertahanan Bayern, terjadi kemelut di kotak penalti Dortmund dan Robben tiba-tiba mencuri bola yang dituntaskan dengan sepakan mendatar ke gawang Weidenfeller. Skor tersebut bertahan hingga laga usai dan Bayern pun keluar sebagai pemenang di laga final.

Kemenangan di pertandingan final liga champions ini merupakan trofi kelima Bayern di kompetisi ini, setelah sebelumnya jadi kampiun di 1974, 1975, 1976 dan 2001. Sementara bagi Dortmund, ini kegagalan untuk mengulang gelar juara 16 tahun lalu pada musim 1996/1997.



Statistik Pertandingan Dortmund vs Bayern Dortmund 1-2 Bayern Munchen
12 (8)	Tembakan (on target)	14 (9)
11 Pelanggaran 7
6 Tendangan Sudut 8
1 Offside 4
43% Penguasaan Bola 57%
1 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 0
6 Penyelamatan 7


60'	[0 - 1]	Mandzukic 	
68' [1 - 1] Gundogan (pen.)
89' [1 - 2] Robben

Minggu, 26 Mei 2013