Siaran Langsung Indonesia vs Laos AFF Suzuki Cup 2012 di RCTI

Indonesia vs Laos AFF Suzuki Cup 2012

Indonesia akan melakoni laga perdana dalam ajang Piala AFF Suzuki Cup pada hari Minggu 25 November 2012. Siaran langsung Indonesia vs Laos akan ditayangkan di RCTI pada jam 17:00 WIB.

Tim nasional Indonesia akan berada di Grup B di putaran final Piala AFF 2012, berada satu grup dengan tuan rumah Malaysia, Singapura dan Laos.

Tim yang disebut terakhir akan menjadi lawan pertama yang dihadapi Indonesia dalam misi melenggang ke babak semi-final.

Dalam sejarah pertemuan kedua tim, menurut data resmi FIFA, Indonesia dan Laos sudah saling berhadapan satu sama lain di tujuh pertandingan di berbagai kompetisi di level Asia.

Pertemuan pertama terjadi di Bangkok, Thailand pada 26 November 1969. Di ajang Piala Raja pada babak semi-final, Indonesia memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0.

Sayangnya Indonesia gagal menyudahi turnamen pada saat itu dengan gelar juara karena di babak final kalah dari Korea Selatan dengan skor 1-0.

Pertemuan berikutnya dengan Laos terjadi tiga tahun kemudian di ajang Turnamen Jakarta pada bulan Juni 1972. Bersua di babak grup, Indonesia memetik kemenangan telak 5-1 atas tamu mereka itu.

Di turnamen ini, Indonesia juga berhasil keluar sebagai juara dengan mengalahkan Korea Selatan XI dengan skor 5-2 di babak final.

Lebih dari dua dekade Indonesia dan Laos akhirnya bisa kembali bertemu. Duel keduanya terjadi di Singapura di ajang Piala Tiger di fase grup. Indonesia tak kesulitan meraih kemenangan 5-1.

Lima gol Indonesia pada saat itu dilesakkan oleh Fachri Husaini di menit lima, Eri Iriyanto pada menit 15, Kurniawan Dwi Yulianto dua menit kemudian, Robby Darwis di menit 34 serta satu gol tambahan dari Peri Sandria di pertengahan babak kedua. Adapun satu gol balasan Laos dilesakkan oleh Saysana.

Setahun kemudian, di Jakarta, di ajang SEA Games 1997, Indonesia kembali berada satu grup dengan Laos dan kemenangan juga masih menjadi milik Indonesia. Skuat Merah Putih menang dengan skor 5-2.

Memasuki era milenium, Laos tak menunjukkan perkembangan berarti dalam hal prestasi melawan Indonesia. Pada 2004, Laos kalah telak dengan skor 6-0 di Ho Chi Minh. Indonesia juga menang dengan skor 3-1 di Singapura dalam ajang Piala AFF, dan hasil yang sama juga diraih Indonesia kala menghadapi Laos di Jakarta dua tahun silam di ajang yang sama. Indonesia menang dengan skor 6-0.

Meski fakta sejarah tak bisa dijadikan patokan atas performa di masa mendatang, Indonesia boleh optimistis meraih poin penuh saat menghadapi Laos di Kuala Lumpur pada 25 November mendatang karena catatan statistik mendukung mereka.

Jumat, 23 November 2012